Toyota Raize Pakai Mesin Turbo, Begini Tips Merawatnya

Toyota Raize Pakai Mesin Turbo, Begini Tips Merawatnya – Nah, mesin turbo bagi sebagian orang di Indonesia masih belum sepopuler mesin non-turbo. Jadi, bagaimana perawatannya? Apakah lebih rumit dari mesin non-turbo? Berikut tips perawatan Toyota Raize pakai mesin turbo:

Pelajari Manual Kendaraan

Manual ini berisi informasi penting seperti garansi, keselamatan kendaraan, petunjuk pemasangan, identifikasi masalah, petunjuk pemasangan, spesifikasi produk serta petunjuk perawatan dan pemecahan masalah.

Gunakan Bahan Bakar yang Tepat

Konsumsi bahan bakar yang tidak tepat, seperti nilai oktan di bawah rekomendasi, akan mengakibatkan pembakaran tidak sempurna yang menyebabkan hilangnya tenaga dan menyebabkan knocking atau gelitik. Dalam jangka panjang, jika diabaikan bisa merusak mesin.

Perhatikan Kondisi Oli Mesin

Mengingat performa turbo yang cukup berat karena mampu berputar hingga 25.000 – 30.000 rpm, maka wajib menggunakan oli yang sesuai kebutuhan agar tetap bekerja dengan baik dan menjaga durabilitas turbo. Gunakan oli TMO sesuai dengan rekomendasi pabrikan dan ganti secara teratur pada waktu servis yang teratur.

Ganti Filter Udara Secara Berkala Sesuai Manual Servis

Turbo menyedot udara dari luar untuk dikompresi ke ruang bakar mesin. Segera ganti jika filter udara terlalu kotor karena akan menghalangi aliran udara dan tidak membersihkannya karena akan merusak elemen yang diberikan turbo boost yang kuat.

Seperti Avanza dan Xenia, Toyota Raize 2021 memiliki kembaran, yakni Daihatsu Rocky. Lantas apa yang membuat Toyota Raize direkomendasikan? Berikut ulasan kenapa Anda harus membeli Toyota Raize 2021 ini. Ayo lihat!

Lima Alasan Kamu Harus Membeli Toyota Raize 2021

Mobil Murah Pertama dengan Platform Terbaru

Platform baru ini diciptakan oleh Toyota untuk meningkatkan kenyamanan, kontrol, dan efisiensi bahan bakar. Secara umum, platform memiliki tiga elemen utama, yaitu kelincahan, stabilitas, dan visibilitas sehingga mobil lebih nyaman dan stabil.

Selain itu, dapat meningkatkan kualitas dan kenyamanan berkendara melalui visibilitas pengemudi yang lebih luas dan kebisingan mesin yang minimal. Mereka mengaku telah melakukan penelitian mendalam dari setiap bagian, sehingga menghadirkan pengembangan produk yang terintegrasi dan modern.

Mesin Kuat

Toyota Raize 2021 terbagi menjadi dua varian mesin, yakni 1.2 dan 1.0. Untuk mesin 1.2 tentunya dapat memiliki spesifikasi yang sama dengan Toyota Calya dan Toyota Agya, namun bagaimana dengan mesin 1.000 cc? Varian Toyota Raize 1.0 menghasilkan tenaga 98 hp/6.000 rpm, dengan torsi puncak pada 140nm/2.400 rpm.

Perawatan Mudah dan Berbagai Fitur Keamanan

Salah satu keunggulan Toyota juga terletak pada citra mereknya yang telah diakui secara positif oleh masyarakat. Keunggulan produk Toyota sudah lama dikenal di Indonesia, terutama dari segi keawetan mesin dan jaringan servis yang luas.

Transmisi Juara

Bagi dunia otomotif roda empat, pasti tahu kelebihan transmisi CVT. Nah transmisi ini juga disematkan pada mobil ini. Kelebihan transmisi ini tentunya terletak pada kelancaran dan kenyamanan dalam berkendara.

Fitur Juara

Mulai dari fitur keselamatan, Mobil Raize 2021 sudah memiliki fitur Toyota Safety Sense (TSS), antara lain mitigasi tabrakan ke depan, peringatan keberangkatan jalur, bantuan jalur, dan kontrol stabilitas. Tentu saja fitur ini jarang ditemukan pada 200 juta mobil.

Selain itu, ada juga unit pemanas mengambang 9 inci yang terintegrasi, AC digital, Keyless Smart Key, 6 Airbag, dan masih banyak lagi. Tentunya hal ini menjadikan mobil ini sebagai mobil termurah dengan fitur terlengkap hingga saat ini.

Bagaimana Cara Merawat Mesin Turbo yang Harus Dilakukan Pemilik Toyota Raize dan Daihatsu Rocky?

Oleh karena itu, mesin ini mampu menyemburkan tenaga hingga 98 PS dengan torsi 140 Nm, hampir mirip dengan mesin 1500 cc yang biasanya disedot. Dengan satu liter bensin, mesin ini dapat diklaim mampu menempuh jarak 13,8 kilometer. Meskipun perawatan mesin turbo tidak jauh berbeda dengan mesin normal aspirated atau non turbo, namun tetap ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Angka oktan yang sesuai

Angka oktan atau Research Octane Number (RON) merupakan nilai yang dapat menunjukkan ketahanan bahan bakar terhadap kompresi mesin tanpa membakar itu sendiri. Keduanya disarankan menggunakan bahan bakar dengan angka oktan di atas 90, seperti Pertamax yang memiliki angka oktan 92.

Sedangkan jika menggunakan bahan bakar dengan angka oktan yang terlalu rendah berpotensi mengganggu performa mesin yang menyebabkan knocking, dalam jangka panjang tentu akan merusak mesin.

Pemilihan oli mesin

Ini karena komponen turbo juga mendapat pelumasan dari oli yang sama di mesin. Jangan lupa gunakan oli sesuai rekomendasi pabrikan.

Bersihkan filter udara

Oleh karena itu, filter udara yang digunakan harus dibersihkan atau diganti secara berkala agar mesin turbo tidak menyedot udara kotor yang menyebabkan penumpukan kotoran dan menghambat kerja mesin.

Demikian pembahasan mengenai mobil Toyota raize, semoga artikel ini dapat menjadi referensi dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *