Menebak Klub Bola Pimpinan Baru Pondok Modern Gontor, Fotonya di Old Trafford Viral

Jangan pernah mengaku fans fanatik Manchester United jika Anda tidak pernah mendengar istilah Trinity United yang patung menomennya berdiri tegak di pelataran utama stadion Old Traford. Di pelataran utama Old Trafford ada tiga monumen utama yang menggambarkan momen penting sejarah Manchester United. Yakni, monumen peringatan Tragedi Muenchen, monumen United Trinity (George Best, Denis Law, dan Sir Bobby Charlton), serta patung Sir Matt Busby yang berdiri gagah persis di atas Manchester United Megastore.

Bagi penggila klub legendaris Liga Inggris berjuluk Red Devils itu, Trinity United sangat disanjung bak dewa karena sepak terjang ketiganya menjadikan Manchester United (MU) sebagai klub kawakan se antero jagat dengan segudang prestasi baik di kompetisi domestik Liga Inggris maupun kompetisi elite Eropa, Liga Champions. Di era kejayaan Trinity United tersebut, Red Devils menjelma jadi klub yang sangat disegani. Setiap lawan MU bahkan sudah keder duluan sebelum memasuki medan laga lapangan hijau. Saya akan mengulas sosok Trimurti baru Pondok Modern Gontor yang pada Jumat 23 Oktober 2020 telah resmi diumumkan sebagai Pimpinan Pondok Modern Gontor (PMDG) oleh Badan Wakaf PMDG lewat sebuah pengumuman sakral usai salat Jumat di Masjid Jami Pondok Gontor.

Prosesi pengangkatan Pimpinan PMDG, KH Akrim Mariyat dan KH Amal Fathullah Zarkasyi untuk mendampingi KH Hasan Abdullah Sahal sejatinya akan disiarkan Live di Gontor TV. Mendadak rencana tersebut dibatalkan karena ada kebijakan baru untuk tidak Live meski link Live streaming sudah tersebar di saluran media sosial. Jutaan alumni Gontor dan seluruh stakeholdernya tentu sangat menanti dan penasaran ingin mengetahui hasil pengumuman sakral ini karena keingintahuan yang besar siapa sosok Trimurti baru PMDG.

Beruntungnya, tim media PMDG sangat sigap. Hanya dalam hitungan detik setelah pengumuman di Masjid Jami Gontor, langsung beredar pamflet Pimpinan Baru PMDG dengan foto sangat apik, KH Hasan Abdullah Sahal, KH Akrim Mariyat dan KH Amal Fathullah Zarkasyi dengan background bendera PMDG. Rasa penasaranpun langsung sirna, Trimurti baru PMDG sudah pasti dan Alhamdulillah suksesi kepemimpinan PMDG berlangsung sukses dengan suasana adem dan ayem. Hanya berselang tak sampai 5 menit beredar lagi foto Trimurti baru PMDG dengan background ketiganya berpose di pelataran utama Old Trafford bergaya menyerupai Trinity United dengan KH Hasan Abdullah Sahal mengangkat tangan ke atas. Hanya kurang KH Amal Fathullah Zarkasyi yang tidak megang bola.

Saya tidak tahu secara persis siapa yang pertama menyebarkan foto tersebut, tapi foto ini viral bersaing dengan foto resmi rilis tim media Gontor. Penasaran dengan foto tersebut, Sore hari Sabtu 24 Oktober 2020, saya bersama Munif Attamimi silaturrahmi ke kediaman KH Amal Fathullah Zarkasyi di Kampus UNIDA Gontor. Kami berdua melaporkan banyak hal ke Ustadz Amal dan banyak berdiskusi banyak tentang tugas yang diamanahkan ke kami untuk terus menulis literasi khazanah sejarah PMDG.

Di tengah tengah diskusi, Ustadz Amal tiba tiba bercerita tentang foto viral di pelataran Old Trafford tersebut. Beliau juga kaget kok bisa foto itu viral? "Saya juga tidak tahu bagaimana foto itu bisa viral. Kami bertiga juga tidak sengaja dulu ketika bertugas di Inggris foto seperti itu," kata Ustadz Amal sambil tersenyum. Ustadz Amal melanjutkan, pada 2017 lalu Pimpinan Gontor bersama dengan pihak UNIDA memang berangkat ke Inggris dan beberapa negara Eropa untuk sebuah acara seminar dan MOU dengan beberapa Perguruan Tinggi di Eropa.

Kebetulan ketika waktu senggang, rombongan ke Manchester dan ke Old Traford. "Lalu Ustadz Hasan yang mengajak saya dan Pak Akrim foto di depan monumen itu," kata Ustadz Amal menjelaskan lagi. Ustadz Amal lalu melanjutkan cerita, beliau dari sejak santri memang sudah hobi olahraga terutama badminton. Ketika menjadi pengurus OPPM, Ustadz Amal ditempatkan di bagian olahraga sama dengan kaka beliau Almarhum KH Syukri Zarkasyi yang juga di bagian olahraga.

Jika di sepakbola, saya memprediksi Ustadz Amal fans nya Liverpool, saingan berat Manchester United. "Sayang sekali ketika ke Inggris saya tidak sempat ke Liverpool untuk melihat Stadion Anfield," kata beliau. Lalu, bagaimana dengan Ustadz Hasan? Sudah bukan rahasia jika Ustadz Hasan adalah pemain bola hebat dan fans berat Barcelona. Dalam beberapa kesempatan beliau selalu bercerita tentang klub Catalan itu bersama dengan Mega Bintang, Lionel Messi. Foto Ustadz Hasan dengan mengenakan jersey Barcelona di Stadion Camp Nou juga sempat viral.

Kira kira siapa hayo klub yang didukung Ustadz Akrim Mariyat? Saya sih memprediksi klubnya Ustadz Akrim Manchester United. Ini analisa dan tandzim saya karena belum terkonfirmasi langsung ke beliau. Alasan saya memprediksi Ustadz Akrim Mariyat mendukung MU, sebab beliau ini pernah lama hidup di kota Manchester dan merupakan lulusan Manchester University bidang Adult Education dengan gelar Diploma.

Ini sih baru prediksi, insya Allah akan ditanyakan langsung ke beliau(Waallahu a'lam bisshowab).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *