Manchester United Jumpa AC Milan, Rossoneri Jadi Mimpi Buruk MU

Manchester United akan berjumpa mimpi buruknya. Tim asuhan Ole GunnarSolskjaer itu bertemu lawan berat pada babak 16 Besar Liga Europa 2020 2021, yaitu AC Milan. Mereka punya statistik buruk melawan tim asal Italia itu. Mengutip BolaSport.com , drawing Liga Europa telah selesai dilaksanakan di Nyon, Swiss, pada Jumat (26/2/2021) pukul 19.00 WIB.

Ada beberapa pertemuan menarik yang dihasilkan dalam hasil drawing Liga Europa. Hasil yang paling mencuri perhatian tentu saja ada pada pertemuan Manchester United versus AC Milan. Keduanya merupakan klub dengan sejarah panjang di Eropa.

Setan Merah cabang Italia dan Setan Merah cabang Inggris tersebut pun bukan cuma sekali dua kali bertemu di kompetisi antarklub. Dikutip BolaSport.com dari Transfermarkt, AC Milan dan Manchster United bersua sebanyak 10 kali sebelum undian Liga Europa. Manchester United terbukti kesulitan meladeni AC Milan.

Catatan dari Opta menunjukkan AC Milan empat kali memulangkan Manchester United saat mereka bersua pada fase gugur di kompetisi Eropa. Pertemuan pertama terjadi pada semifinal Piala Champions yang merupakan format lama Liga Champions, tepatnya pada musim 1957 1958. AC Milan dan Manchester United bertemu pada babak semifinal.

Walau Man United menang 2 1 pada leg pertama, mereka gagal lolos ke final karena AC Milan menang 4 0 pada leg kedua. AC Milan menang 2 0 pada leg pertama. Man United memang bisa membalas dengan menang 1 0 pada leg kedua. Hasil tersebut tak cukup untuk membalikkan keadaan.

AC Milan berhak lolos ke final karena unggul agregat 2 1. Kedua tim harus menunggu 26 tahun untuk bertemu lagi di panggung sepak bola Eropa. AC Milan dan Manchester United dipertemukan pada babak 16 Besar Liga Champions musim 2004 2005.

Manchester United era Sir Alex Ferguson saat itu tak berkutik menghadapi I Rossoneri. Mereka menelan kekalahan pada dua leg dengan skor identik 0 1. Kekalahan keempat Manchester United dari AC Milan terjadi pada babak semifinal musim 2006 2007.

Cristiano Ronaldo dkk sempat memelihara kans lolos dengan menang 3 2 pada leg pertama. Di luar dugaan, AC Milan mematahkan asa tersebut. Kaka cs membalikkan keadaan pada leg kedua di San Siro dengan menang 3 0.

Secara dramatis, AC Milan lolos ke babak final dengan agregat 5 3. Kemenangan Man United atas AC Milan baru terjadi pada musim 2009 2010. Mereka menang 3 2 dan 4 0 pada dua leg babak 16 Besar Liga Champions, hingga lolos ke babak perempat final dengan agregat 7 2.

Namun, catatan itu belum cukup untuk menghapus rekor buruk melawan AC Milan. AC Milan pun menjadi tim yang paling sering menyingkirkan Man United dari Eropa, selain Real Madrid. Man United akan menjamu AC Milan pada leg pertama babak 16 Besar Liga Europa di Old Trafford, 11 Maret 2021.

AC Milan akan ganti menjadi tuan rumah pada leg kedua di Stadion Giuseppe Meazza, San Siro, sepekan setelahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *