Cara Menghilangkan Bekas Luka Pada Kulit, Ikuti Tips Berikut Ini

Bekas luka pada kulit biasanya terbentuk sebagai proses penyembuhan luka. Bekas luka juga ada banyak jenisnya dan tiap bagian tubuh yang terluka membentuk bekas luka yang berbeda. Misalnya, ada bekas luka yang terlihat memiliki warna lebih gelap dibandingkan kulit sekitarnya, seperti bekas cacar air.

Ada juga istilah ‘darah manis’ atau prurigo, kondisi yang biasanya semakin membuat bekas luka sulit hilang. Apapun kondisi dan bekas luka, ternyata ada beberapa cara alami yang bisa dicoba untuk mengatasinya. Lidah buaya memang sudah lama dikenal bisa mengatasi beragam masalah kesehatan, termasuk untuk menghilangkan bekas luka.

Caranya, kupas bagian kulit lidah buaya yang keras, lalu ambil bagian daging lidah buaya menggunakan sendok. Bagian daging yang seperti gel itu bisa kita oleskan ke bekas luka dengan gerakan memutar. Setelah sekitar 30 menit, kita bisa membilasnya dengan air dingin. Proses itu bisa dilakukan dua kali sehari. Selain memberikan manfaat bagi tubuh, madu juga baik digunakan untuk merawat bekas luka.

Kita bisa mengoleskan madu ke bagian luka kemudian menutupnya dengan perban. Lakukan ini sebelum tidur dan biarkan bagian yang luka terbalut madu dan perban semalaman. Nah, saat pagi hari, perban bisa dibuka dan madu bisa dibilas menggunakan air hangat.

Cara ini bisa kita lakukan setiap malam. Caranya, gunakan minyak kelapa untuk memijat bagian bekas luka selama sekitar 10 menit, biarkan kulit menyerap minyak kelapa selama sekitar 1 jam. Kita bisa melakukan ini dua sampai empat kali sehari.

Lemon juga dikenal sebagai salah satu bahan alami yang bisa membantu memudarkan bekas luka. Caranya, potong lemon jadi dua bagian. Kemudian, gosokkan perlahan bagian lemon pada bekas luka sambil ditekan agar air lemon keluar.

Biarkan air lemon di atas bekas luka itu sekitar 10 menit, lalu bilas dengan air dingin. Kita bisa mengulangi proses ini sekali sehari. Kunyit juga bisa digunakan untuk merawat bekas luka.

Kita bisa menggunakan kunyit bubuk maupun rimpang kunyit. Oleskan kunyit ke bagian bekas luka dan biarkan kira kira selama 20 menit. Setelahnya, kita bisa bilas dengan air dingin. Nah, proses ini bisa dilakukan setiap hari, ya. Mudah sekali bukan cara menghilangkan bekas luka ini?

Namun, apabila bekas luka tak kunjung hilang, kamu bisa hubungi dokter untuk saran terbaik. Umumnya, semakin cepat luka dirawat dan sembuh, bekas lukanya juga tidak sejelas bekas luka yang lama penyembuhannya. Artikel ini merupakan bagian dari

KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *